0

ABSTRAK SKRIPSI 2011

Posted by Unknown on 11.13 in


  التجريد


محمد رؤوف : 32207010 د : 2011: دراسة عن نظام تعليم اللغة العربية في قسم اللغة وقسم غير اللغة بالمدراسة الثانوية الحكومية طوبان.
وخلفية هذا البحث أن المدرسة الثانوية الحكومية طوبان هي المدرسة الإسلامية التى تُعلَّم فيها الدروس الدينية، ويدرس أيضا مواد اللغة العربية. ومع ذلك، مواد اللغة العربية هنا مختلفة، لأن في هذه المدرسة ثلاثة برامج رئيسية، هي برنامج اللغة، وبرنامج العلوم الطبيعية وبرنامج العلوم الإجتماعية. تسلم فصل اللغة المواد العربية أكثر من فصل غير اللغة.
 في الواقع، فصل الطبيعية والإجتماعية التي تسلمتا مواد اللغة العربية أقل،  يستطيع أن يتفوّقَ فصل اللغة التى فيها المواد اللغة العربية أكثر عمقا. البينات عن مزايا في فصل غير اللغة من فصل اللغة قد وضحها معلم اللغة العربية والبينات الحصول عليها.
تهدف هذا البحث لتحديد كيفية بناء المنهج الدراسية في فصل اللغة وفصل غير اللغة، ما هي إختلافات نظام تعليم اللغة العربية في فصل اللغة وفصل غير اللغة، وكيف تناسب بين الأهداف والنتائج في نظام تعليم اللغة العربية من خلال معلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية طوبان. يستخدم هذا البحث طريقة "الكيفي والوصفي"، وطرائق جمع البيانات، استخدام الباحث الملاحظة والمقابلة والوثائق.
بناء على البيانات الميدانية، أن الاختلافات في بناء مناهج اللغة العرية هو في موضوع درس "اللغة أجنبية (العربية)" في فصل اللغة التي لا تعطى ها في فصل غير اللغة، أما المادة في درس "المحادثة" و درس "اللغة العربية" سواء في كل قسم. هذا بناء المنهج مما يجعل نظام التعلم هو أيضا مختلفة، في الدرجة تعلم اللغة العربية هو نظام أكثر تعقيدا وتنوعا.
في النظام الحالي لأهداف التعلم والنتائج المراد تحقيقها. في تعلم اللغة العربية في فصول اللغة والطبقات غير اللغة ، ويمكن للنتائج التي تم الحصول عليها لا يكون وفقا للأهداف المحددة. وفقا للمعلمين وجميع البيانات التي تم الحصول عليها، يكون ذلك بسبب قدرة الغالبية العظمى من الطلاب دون المستوى المحدد من الكفاءة. بحيث يمكن لجميع البرامج التي تم إعدادها لا تمشي مع حد أقصى كما هو متوقع.


ABSTRAK


Muhammad Rouf: D32207010: 2011: Studi Tentang Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Bahasa dan Kelas Non Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban.
            Latar Belakang skripsi ini adalah bahwa Madrasah Aliyah Negeri Tuban adalah Sekolah Menengah Atas yang bercirikan Islam. Sebagai sekolah Islam, disamping mempelajari pelajaran Agama, di dalamnya juga diajarkan materi bahasa Arab. Akan tetapi pemberian materi bahasa Arab disini berbeda, karena di MAN Tuban ini ada tiga program jurusan yang dibuka, yaitu jurusan Bahasa, jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Kelas Bahasa lebih banyak menerima materi bahasa Arab dibandingkan dengan kelas IPS ataupun kelas IPA.
            Dalam kenyataannya, kelas IPA maupun kelas IPS yang menerima materi pelajaran bahasa Arab lebih sedikit dapat mengungguli kelas Bahasa yang mendapat porsi mata pelajaran bahasa Arab lebih banyak dan mendalam. Keunggulan kelas non Bahasa dibandingkan kelas bahasa diungkapkan sendiri oleh para guru bahasa Arab dan dilihat dari data-data yang diperoleh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur kurikulum pembelajaran bahasa Arab di kelas Bahasa dan kelas non Bahasa, apa saja perbedaan sistem pembelajaran bahasa Arab di kelas Bahasa dan kelas non Bahasa dan bagaimana relefansi antara tujuan dan hasil dari sistem pembelajaran yang telah diterapkan oleh guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Penelitian ini menggunakan metode “kualitatif deskriptif” dan dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan data di lapangan, bahwa perbedaan struktur kurkulum bahasa Arabnya adalah pada pemberian mata pelajaran “bahasa Asing (Arab)” di kelas Bahasa yang tidak diberikan di kelas non Bahasa, sedangkan dalam mata pelajaran “muhdatsah” dan “Bahasa Arab” materinya sama di setiap jurusan. Struktur kurikulum yang demikian membuat sistem pembelajarannya juga berbeda, dalam kelas bahasa sistem pembelajaran bahasa Arabnya lebih kompleks dan bervariasi.
Dalam sistem pembelajaran ada tujuan dan hasil yang harus dicapai. Dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas bahasa dan kelas non Bahasa ini, hasil yang diperoleh belum dapat sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Menurut keterangan semua guru dan data yang diperoleh, hal itu dikarenakan kemampuan siswa yang mayoritas di bawah standar kompetensi yang ditentukan. Sehingga semua program yang telah disiapkan kurang bisa berjalan dengan maksimal sesuai yang diharapkan.





0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 TANPA BATAS All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.